Jenis Kendaraan Angkutan Barang Yang Sering Digunakan

Jenis Kendaraan Angkutan Barang

Jenis Kendaraan Angkutan Barang dalam rantai pasok industri, trasportasi angkuran barang merupakan hal yang sangat penting sebagai penghubung antara supplier (pemasok) dengan customer (pengguna). pemilihan kendaraan angkutan distribusi barang inipun sangat diperhatikan untuk menjamin barang dapat diterima oleh user/customer dengan kualitas yang baik. Dalam kegiatan pemilihan kendaraan ini harus benar-benar diperhatikan agar tidak timbul cost/biaya yang tinggi dalam kegiatan distribusi barang

Terdapat beberapa pertimbangan sebelum memilih transportasi barang, yaitu jarak, jenis dan sifat barang, dan kuantitas barang. Terdapat tipa trnsportasi angkutan barang yaitu angkutan barang darat, laut, dan udara. Dalam artikel ini, kami akan membahas jenis angkutan barang melalui darat yang sering digunakan di Indonesia.

  1. Motor Roda Tiga


    Kendaraan ini berfungsi untuk angkutan barang dalam kapasitas kecil/ringan dengan jarak dekat. Jenis angkutan ini sering ditemukan di daerah pasar tradisional maupun outlet dalam melakukan angkutan barang di pasar tradisional ataupun mendistribusikan barang dari outlet ke customer langsung. Angkutan ini sangat cocok untuk pedagang kecil dalam pengangkutan barang.

  2. Mobil Pick Up


    Jenis kendaraan ini merupakan jenis kendaraan barang dengan muatan ringan dengan maksimal muatan hingga 1 ton. Kendaraan ini efektif bisa digunakan untuk jarak dekat maupun dengan jarak jauh antar kota dan tersedia dalam bentuk box dan bak tergantung jenis barang yang diangkut. Dimensi dari pickup ini berbeda-beda bergantung pada merk dan tipenya bahkan ada juga yang menyediakan dalam bentuk double cabin seperti Toyota Hilux dan Mitshubishi Triton.

  3. Truk Colt Diesel

    Jenis Kendaraan Angkutan Barang

    Truk Colt Diesel LOGISTIKKU


    Truk Colt Diesel merupakan jenis kendaraan dengan muatan medium. Terdapat dua jenis colt diesel yaitu CDE (Colt Diesel Engkel) dan CDD (Colt Diesel Double). CDE merupakan jenis colt diesel yang memiliki 4 ban (2 ban bagian depan dan 2 ban bagian belakang). CDE ini memiliki kapasitas antara 3-5 ton. Sedangkan CDD merupakan Colt Diesel dengan 6 ban (2 ban bagian depan dan 4 ban bagian belakang) serta memiliki kapasitas muatan antara 5 ton hingga 8 ton. Secara umum, Colt Diesel ini memiliki beberapa spesifikasi bak yaitu bak dump, bak kayu terbuka, box, dan bisa juga berupa flat Deck.

  4. Truk Tronton

    Jenis Kendaraan Angkutan Barang

    (source : carmudi.co.id)


    Jenis truk ini merupakan jenis truk dengan muatan yang besar dan sering digunakan untuk muatan jarak jauh jenis truk ini memiliki kapasitas muatan hingga 20 ton dengan jumlah roda 10 ban (2-4-4). Truk jenis tronton ini biasanya dijumpai dalam bentuk bak terbuka, bak dump, maupun dalam bentuk wingbox. Jenis truk ini biasanya digunakan oleh jasa ekspedisi atau jasa pengiriman barang dengan jumlah barang yang besar.

  5. Truk Trintin

    Jenis Kendaraan Angkutan Barang

    (source : awansan.com)

    Truk jenis hampir sama dengan truk tronton  baik dari segi dimensi maupun kapasitas muatannya. Perbedaannya terletak pada sumbu roda bagian kedua yang terletak pada bagian tengah kondisi tersebut membuat truk trintin lebih mudah jika melakukan maneuver di jalan yang sempit.

  6. Truk Trinton/Trailer

    Jenis Kendaraan Angkutan Barang

    Truk Trailer LOGISTIKKU


    Jenis truk ini merupakan jenis truk dengan muatan yang sangat besar yakni rata-rata 30 ton atau lebih. Truk ini biasanya dalam bentuk flat deck meupun dalam bentuk bak. Truk ini biasanya memiliki 4 sumbu roda (1 bagian depan, 1 bagian tengah dan 2 bagian belakang). Jenis truk ini juga paling cocok dan sering muat container baik 20 ft maupun 40 ft.

    Yuk share artikel Kenali Jenis Kendaraan Angkutan Barang Di Indonesia ke media sosialmu melalui link dibawah ini.

If you liked this post, share it :